Saling tembak antara Polri dan KKB Ditindaklanjuti Pengibaran Bendera Bintang Kejora di Yapen Serui Papua

Jakarta,metronewstv.com Yapen serui Papua Ditindaklanjuti Terkait Adanya Pengibaran Bendera Bintang Kejora Dan Pemalakan Jalan Di pertigaan Saubeba Kampung Tindaret Distrik Yepen Utara Serui kepulauan Yapen,Pada Pukul 08.31 WIT, (14/12/2022) 
Kapolsubsektor Yapen Utara Bripka F. O. Rumaropen Bahwa Telah Terjadi Pengibaran Bendera Bintang Kejora dan Pemalang jalan Di Pertigaan Saubeba Kampung Tindaret Distrik Yapen utara Kabupaten Kepulauan Yapen.
Terkait dengan adanya informasi tersebut, Adapun langkah-langkah yang dilakukan Sebagai berikut :

1. Pada Pukul 08.31 WIT, Kasat Intelkam Polres Kepulauan Yapen AKP FRITS B. ARERA telah Memperoleh Informasi Dari Kapolsubsektor Yapen Utara Bripka F. O. Rumaropen Bahwa Telah Terjadi Pengibaran Bendera Bintang Kejora dan Pemalang jalan Di Pertigaan Saubeba Kampung Tindaret Distrik Yapen utara Kabupaten Kepulauan Yapen.
2. Memperoleh informasi Tersebut selanjutnya Kasat Intelkam Polres Kepulauan Yapen AKP FRITS B. ARERA, S.Sos bersama Kabag Ops Polres Kepulauan Yapen AKP LINTONG SIMANJUNTAK S.H M.H, dan Kapolsubsektor Yapen Utara Bripka F. O. Rumaropen, melakukan koordinasi dengan Kapolres  Kepulauan Yapen AKBP HERZONI SARAGIH, S.I.K., M.H., selanjutnya Kapolres Memerintahkan Kepada Kabag Ops dan Kasat Intelkam Polres Kepulauan Yapen Untuk Menindak Lanjuti Informasi kejadian Tersebut.
3. Pada Pukul 09.30 WIT, Bertempat di Lapangan Apel, Kabag Ops Polres Kepulauan Yapen AKP LINTONG SIMANJUNTAK S.H M.H 
Memberikan APP Kepada Anggota Personil Polres Kepulauan Yapen Yang Akan Bergeser Menuju TKP, Adapun Anggota Yang Terlibat sebagai berikut :

- Kabag Ops Polres Kepulauan Yapen AKP LINTONG SIMANJUNTAK, S.H., M.H.
- Kasat Intelkam Polres Kepulauan Yapen AKP FRITS BERNARD ARERA S.Sos.
- Kasat Reskrim Polres Kepulauan Yapen IPTU DEDY SYAHPUTRA BINTANG S.Tr.K M.H
- Padal UKL I IPDA SYAIFUL HADI S.E
- KBO Reskrim IPDA AMIRULLAH S.H
- 2 anggota Personil Sat Intelkam.
- 14 Anggota Personil UKL I Polres Kepulauan Yapen.

4. Pada Pukul 09.50 WIT, Anggota Polres Kepulauan Yapen Yang dipimpin Kabag Ops Polres Kepulauan Yapen  Meninggalkan Mako, Selanjutnya Menuju Kampung Tindaret Distrik Yapen utara kabupaten Kepulauan dengan menggunakan Kendaraan dinas milik Polres kepulauan yapen : 

- 1 Unit Mobil Kendaraan Dinas Sat Lantas Polres Kepulauan Yapen.
- 1 unit Mobil Angkut Personil Logistik Polres Kepulauan Yapen.
- 1 Unit mobil Inavis Sat Reskrim polres Kepulauan Yapen.
- 1 Unit mobil patroli sat Sabhara.

5. Kronologis kejadian penghadangan:
a. Sekitar pukul 12.20 Wit, rombongan tiba tepatnya di KM 1 Jalan Trans Yapen Saubeba- Angkaisera, dan terhalang oleh palang berupa 2 batang kayu yang dipasang ditengah jalan.
b. selanjutnya anggota berhenti dan turun dari mobil untuk mengecek palang tersebut. 
c. pada saat pengecekan tersebut terdengar suara tembakan mengarah ke arah rombongan, diketahui arah tembakan dari arah bukit, kemudian anggota segera mengamankan diri kearah tebing. 
d. rombongan di serang dengan bom molotov dan rentetan tembakan dari arah bukit. kemudian anggota sambil bertahan membalas tembakan kearah bukit. kontak tembak diperkirakan berlangsung +- 1 jam lebih.
e. dikarenakan adanya serangan bertubi2, rombongan anggota mundur kearah kota dengan berjalan kaki, sambil bertahan. sedangkan mobil tertinggal di TKP.
f. dikarenakan persediaan amunisi yang menipis, 4 orang anggota memutuskan untuk meminta bantuan ke mako polres dengan menggunakan mobil Inavis Polres. namun saat menuju arah kota terhalang pohon yang ditebang di KM42 Jl. Angkaisera-Saubeba, kemudian memutuskan untuk kembali ke rombongan. Pada saat perjalanan kembali ke rombongan mendapatkan signal dan kemudian meminta bantuan ke Mako Polres via Telephon.
h. kemudian rombongan standby disekitar KM. 3 jl. Saubeba-Angkaisera sambil menunggu bantuan dari Polres.

6. Pada Pukul 12.30 WIT, BRIPDA Gina Ansanay Ba Sat Narkoba Polres Kepulauan Yapen Mendapatkan Info Via SMS dari BRIPDA NATHAN FRISIAN REUMI (anggota yang tergabung pada UKL 1 yang bersama-sama menuju TKP) Bahwa Telah Terjadi Perlawanan Dari Kelompok KKB Wilayah Pantura Pimpinan PLATO MERANI.

7. Pada Pukul 12.35 WIT, memperoleh Informasi Tersebut Waka Polres Kepulauan Yapen KOMPOL NURSALAN SAKA, S.Pd, M.M. Memerintahkan anggota Penjagaan polres Kepulauan Yapen Untuk Membunyikan Lonceng PLB Dan Mengumpulkan Anggota.

8. Pada Pukul 13.00 WIT Bertempat di Halaman Polres Kepulauan Yapen telah berlangsung APP yang di pimpin oleh Waka Polres Kepulauan Yapen KOMPOL NURSALAN SAKA, S.Pd, M.M. terhadap Anggota polres Kepulauan Yapen yang akan melakukan bekup/penebalan terhadap anggota Polres Kepulauan Yapen yang mendapat perlawanan dari KKB Pada saat mendatagi TKP Pengibaran Bendera Bintang Kejora dan Pemalang jalan saubeba, Adapun Jumlah Personil yang terlibat sebagai berikut :

- Padal IPDA Dominggu F. Aninam S.H
- 1 Peleton yang terdiri dari 20 Personil Anggota Polres Kepulauan Yapen yang Dilengkapi Senjata Api Laras Panjang dan Peralatan Perlindungan Diri.

9. Pada Pukul 13.25 WIT, Pasukan Penebalan Meninggalkan Mako Selanjutnya Menuju Kampung Tindaret Distrik Yapen utara, Adapun Kendaraan Yang Di Gunakan : 

- 1 unit Mobil Kendaraan Dinas Wakapolres Kepulauan Yapen.
- 1 unit Mobil Angkut Personil Logistik Polres Kepulauan Yapen.

10. Sekitar pukul 16.00 wit bantuan anggota dari Polres yang dipimpin oleh Ipda D.F. Aninam KBO Sabhara tiba dan bertemu dengan rombongan. selanjutnya 24 orang anggota yang dipimpin oleh KBO Sabhara D.F. Aninam menuju kearah TKP penghadangan di KM.1. Pada saat tiba di TKP anggota mendapati mobil truk angkut pasukan, mobil patroli Sat sabhara dan mobil toyota Rush Sat lantas dengan kondisi hangus terbakar dan melihat operator Chainsaw an. Yeferson Sayuri (operator yang dibawa oleh rombongan) tertelungkup dijalan dengan luka tembakan dipunggung. selanjutnya rombongan membawa korban ke RSUD Serui.

11. pada pukul 20.22 Wit rombongan anggota tiba di Mapolres Kepulauan Yapen.

12. Pada Pukul 20.25 WIT Bertempat di Halaman Polres Kepulauan Yapen telah berlangsung apel konsulidasi yang di pimpin oleh Waka Polres Kepulauan Yapen KOMPOL NURSALAN SAKA, S.Pd, M.M. yang di ikuti oleh seluruh anggota Polres Kepulauan Yapen.

Catatan :

1. Dengan adanya kejadian tersebut diketahui bahwa kelompok tersebut telah menunjukkan eksistensinya.

2. Menurut Informasi yang diperoleh bahwa Aksi penghadangan yang dilakukan pok tersebut akan dilakukan pada tanggal 1 Desember 2022 namun hal tersebut tidak terjadi.

3. Pada kejadian tersebut mengalami kerugian materi berupa 3 unit mobil antara lain :
1 unit mobil Truck angkut personil, 1 unit mobil Rush patroli Sat Lantas, 1 unit mobil patroli Sat Sabhara.

4. Koban jiwa 1 orang yakni masyarakat sipil an. Yeferson Sayuri operator Chainsaw yang dibawa oleh rombongan anggota untuk memotong pohon yang digunakan untuk menghalangi rombongan.


Kaperwil Jabodetabek

Post a Comment

Previous Post Next Post