Sekda OKU hadiri acara musrenbang di kecamatan Muara Jaya


metronewstv.com.- Baturaja-OKU.Sumsel. Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan Muara jaya kabupaten oku. Senin (22/01/2024) dengan tema" Memantapkan infrastruktur dan kualitas SDM dalam mendukung kabupaten oku yang mandiri, sejahtera dan berbasis kearifan lokal"

Acara musrenbang muara jaya Dihadiri oleh sekretaris daerah kab. OKU.Dharmawan Irianto, S. Sos.MM.

Pj. Ketua TP PKK Kab OKU. Hj. Zwesty Karena Teddy, Ketua DWP Kab OKU. Ibu Wahidah Dharmawan. 

Ketua DPRD OKU. Diwakili

Anggota DPRD dapil II kab OKU. 

Inspektur Bapenda OKU. Kepala Dinas/OPD pendamping. 

Ketua tim Monitoring Musrenbang Kab OKU beserta rombongan. Muspika kecamatan Muara Jaya. Kepala Desa beserta ibu Se-kecamatan muara Jaya.

Ketua BPD Se-kecamatan muara Jaya.

Kepala sekolah SMP, SD, TK/PAUD se-Kecamatan muara Jaya. Ketua MUI, Ketua BKPRMI, Ketua BKTM, Ketua Pokmaswas kecamatan Muara Jaya. Ketua Forum anak, Ketua Forum Layak Anak, Ketua Forum Perlindungan Anak kecamatan Muara Jaya. Bhabinkamtibmas Muara Jaya, kapolsek Pengandonan

Dan peserta Musrenbang tingkat kecamatan Muara Jaya tahun 2024.

Camat muara jaya Doni heridadi, S. STP.,M.Si. menyampaikan sambutan nya pada acara pembukaan musrenbang Muara Jaya 2024.

"Kita melaksanakan musrenbang dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan untuk tahun 2025 mendatang atau lebih dikenal dengan penyusunan rencana kerja pemerintah daerah(RKPD) 

Dan di kecamatan Muara Jaya ini yang terdiri dari 7 desa, yaitu desa karang lantang, surau, muara saeh, lubuk tupak, beringin, lontar, dan kemala Jaya. 

Juga mempunyai 12 sarana dan prasarana pendidikan, 7 sarana dan prasarana kesehatan serta 10 sarana dan prasarana tempat ibadah. Dan usulan masyarakat muara Jaya  musrenbang 2024 sebanyak ada 44 usulan. 

Camat muara Jaya juga mengatakan bahwa pembangunan di kecamatan dan desa bukan lah menjadi tanggung jawab pemerintah semata, namun partisipasi dari semua pihak sangat mempengaruhi keberhasilan mencapai indikator pembangunan. Dimulai dari proses awal hingga selesai. 

Melalui musrenbang ini kita bersama-sama mencari solusi terhadap permasalahan yang kita hadapi, antara lain kerusakan infrastruktur dan degradasi lingkungan. Masih rendahnya indeks kesehatan, rendahnya daya saing pendidikan serta tinggi nya angka kemiskinan dan lain lain. 

Maka, mari kita berikan masukkan atau usulan konstruktif bagi pembangunan di tahun 2025 yang akan datang. Dengan memperhatikan kemampuan dan kewenangan yang kita miliki." papar Camat Muara Jaya pada saat sambutan pembukaan acara

Dalam musrenbang untuk tahun 2025 mendatang berbagai usulan pun diajukan oleh semua instansi di kecamatan Muara Jaya. Serta menanyakan kembali usulan yang sudah diajukan pada tahun lalu untuk pembangunan tahun 2024 

Dan usulan juga pertanyaan tersebut disambut dengan baik oleh sekretaris daerah, Dharmawan Irianto, S,Sos.MM. Dan akan segera merealisasikan apa yang menjadi keluhan oleh pihak sekolah demi untuk kenyamanan dalam pembelajaran disekolah. 

Sekda OKU juga mengatakan bahwa tidak semua usulan yang diajukan dapat terealisasikan karena untuk tahun  2024 ini dana anggaran sebagian terserap oleh Pilkada. 

Ketua TP PKK. Hj. Zwesty menjelaskan masalah Forum anak utk mengetahui apakah porum anak di kecamatan aktif atau tidaknya itu tergantung dari kecamatan dan ia meminta pada pak camat dan Ketua Forum anak di kecamatan agar dapat membimbing dan mengawasi agar Forum anak di kecamatan bisa lebih aktif lagi. 

Juga untuk Ketua penggerak pkk yang ada didesa, saya bersyukur bahwa ada keinginan dari Ketua penggerak PKK agar dapat lebih meningkat dan maju dalam kegiatan PKK. seperti desa surau berkeinginan untuk menjadi desa toga. 

Dan nanti kami akan membagikan bibit toga buah, dan sayuran.tidak hanya sampai disitu saja kami juga akan terus mengawasi perkembangan bibit toga yg disebar di desa desa. " Terang Ketua TP PKK Kab OKU. 

saat diwawancarai awak media di ruangan nya, Camat Muara Jaya berharap semua keluhan dan usulan yang disampaikan secara langsung dari instansi di kecamatan Muara dapat dipertimbangkan oleh pemerintah OkU. walaupun tidak semua dapat terealisasikan. (ira Devi)

Post a Comment

Previous Post Next Post