PEMKAB OKU SELATAN TANGGAPI PEMBAHASAN PENGENDALIAN INFLASI TAHUN 2024


MUARADUA ( Metro NewsTv,com) Dalam rangka Pengendalian Inflasi Tahun 2024, dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Tinjauan Inflasi dan Indeks Perkembangan Harga Minggu ke-3 Januari 2024, yang pada kesempatan ini dilaksanakan secara virtual/online. Senin (22/01/2024).

Berdasarkan historis Tahun 2020-2023 selalu terjadi inflasi pada bulan Januari, dengan tingkat inflasi yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya (Desember). Dalam 4 tahun terakhir, minyak goreng, cabai rawit, beras, bawang merah dan bawang putih mengalami inflasi pada bulan Januari.

Inflasi dapat dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari sisi penawaran ataupun yang bersifat kejutan, seperti permasalahan pakan ternak, dan kondisi cuaca yang berpotensi memiliki dampak terhadap produksi pertanian dan bencana di daerah yang berdampak buruk terhadap hasil produksi pertanian. Hal tersebut juga dapat mempengaruhi HET (Harga Eceran Tertinggi).

Angka inflasi sangat di tentukan oleh kerja Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, untuk itu peran Pemerintah Daerah sangat penting. Adanya sinkronisasi dan harmonisasi terhadap kebijakan pengendalian inflasi mulai dari tingkat pusat sampai ke daerah, maka diharapkan untuk tetap satu langkah dalam mencapai sasaran inflasi yang ditetapkan Pemerintah.

Berdasarkan hal itu, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dalam mewujudkan inflasi yang terkendali dan stabil akan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dan berkelanjutan. Pemerintah Kabupaten OKU Selatan akan segera menindaklanjuti apa yang sudah di arahkan Pemerintah Pusat dalam Pengendalian Inflasi di Daerah, sehingga sinergitas Pemerintah Pusat dan Daerah dapat berjalan dengan baik sehingga bermuara di Kesejahteraan Masyarakat 

(Awaludin)

Post a Comment

Previous Post Next Post