Seserahan Adat Yang Masih Dipertahankan


PEMALANG JAWA TENGAH METRONEWSTV.COM,-Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain pula ikannya, begitulah peribahasa yang masih berlaku di Nusantara.

Saserahan atau jika diartikulasikan dalam bahasa Indonesia, bermakna " penyerahan" penjelasanya adalah, Kegiatan penyerahan sebuah prosesi Lamaran atau pinangan dari pihak Laki - laki, mengunjungi ketempat kediaman pihak keluarga Perempuan atau calon yang mau di Pinang.

Kearifan lokal ini di apresiasikan dalam acara seni dan budaya karnaval Kemerdekaan, yang di tampilkan oleh lingkungan RT.04 / RW.05 Desa Jatirejo kecamatan Ampelgading, Pemalang, Jawa Tengah.

Arak - arakan seni dan budaya tersebut, menurut Nur ketua rombongan peserta karnaval dalam rangka HUT RI ke - 77, kegiatan ini di samping untuk memeriahkan hari kemerdekaan, juga sebagai bentuk mempertahankan adat istiadat, juga ada satu pesan yang mau di sampaikan, dengan mengusung tema " Saserahan "
 

agar para Generasi muda, didalam pergaulan dijaman sekarang, agar segera mengadakan Pinangan atau Lamaran, kepada wanita yang di sukainya, untuk datang kepihak keluarga perempuan, sehingga salin bisa menjaga kehormatan, menjaga fitnah, didalam pergaulan antara Laki - laki dan Perempuan.

Laporan:Ragil -74.

Post a Comment

Previous Post Next Post