Golok Day Reborn 2022, Rufaji: Seni Dan Budaya Harus di Lestarikan

Cilegon Banten, Metronewstv.com - Ribuan para Pendekar Banten menghadiri acara Festival Golok Day Reborn 2022 yang bertempat di stadion Krakatau Steel, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon pada hari Sabtu, (24/09/2022).

Golok Day Reborn 2022 merupakan event dalam rangkaian peringatan HUT Ke 22 Provinsi Banten ini. Sekitar 1.500 peserta mengenakan pakaian pendekar silat dan kaos Golok Day Reborn 2022 dengan membawa serta aksesoris golok beraneka jenis. Golok Day Reborn 2022 bertema "Dari Cilegon Untuk Dunia" di isi dengan kirab 100 kendaraan kendang Pencak Silat dari Pintu Tol Cilegon Timur sampai Stadion Krakatau, Gembrung Bersama, atraksi dan pagelaran seni bela diri pencak silat, atraksi debus kolosal dari 16 perguruan silat, juga pelantikan dan pengukuhan IPSI Cilegon.

Festival Golok Day sudah dimulai sejak tahun 2015, secara rutin dilaksanakan pada setiap tahun. Terakhir kali dilaksanakan pada 2019 lalu, sebelum akhirnya terhenti selama dua tahun pada 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten H. Al Hamidi, Ketua IPSI  Provinsi Banten H. Ajat Sudrajat,  Walikota Serang (Ketua Bandrong Banten) H. Sjafrudin, Walikota Cilegon H. Helidy Agustian, Abah Jamhari Sakti, Ketua IPSI Cilegon H. Muharman Koto, Kapolres, Dandim, Danlanal, Ketua Panitia Rufaji Zahuri, tokoh masyarakat Ketua DPRD Cilegon Isro Mi'raj.

Rufaji Jahuri ketua panitia Festival Golok Day Reborn 2022 menyampaikan bahwa acara Festival Golok Day Reborn 2022 tidak lain adalah menjalin tali silaturahmi antara para pelaku seni dan budaya di provinsi Banten khusus di kota Cilegon.


"Kita juga harus mengingat sejarah apa yang sudah dilakukan oleh orang tua kita terdahulu dengan bersenjatakan golok beliau bisa mengusir para penjajah dari tanah banten dengan menggunakan golok melawan senjata-senjata yang serba modern, dan Alhamdulillah orang tua kita berhasil mengusir penjajah itu," ungkapnya.

Selain itu, Rufaji mengatakan, setelah vakum kurang lebih 3 tahun di karenakan pandemi covid-19 Kegiatan Festival Golok Day ini bisa diadakan kembali.

"Kenapa kita mesti pake Reborn, karena memang kembali setelah vakum kurang lebih 3 tahun karena covid-19 maka Alhamdulillah dengan swadaya daripada seluruh pengurus IPSI kota Cilegon dan simpatisan, para donatur yang cinta akan seni dan budaya sehingga bisa terealisasi acara Golok Day Reborn 2022 di stadion Krakatau Steel," ucapnya.

Untuk di tahun depan, Rufaji berharap Festival Golok Day ini akan lebih meriah lagi dari sekarang apabila ada bantuan dari anggaran APBD.

"Saya yakin kalau kita bisa mengartikan makna daripada golok, tahun depan insya Allah akan lebih meriah daripada ini, ini saja dengan swadaya pengurus IPSI dan para donatur bisa semeriah ini apa lagi kalau memang ada anggaran dari APBD, yang memang maksud dan tujuan nya untuk melestarikan seni dan budaya bukan untuk bisnis, karena seni dan budaya harus dilestarikan untuk anak cucu kita kelak supaya dia tau bahwasannya dulu orang tua kita perang menggunakan golok sehingga kita bisa peringati sebagai hari golok day sekota cilegon," pungkasnya.

Laporan: Hendra

Post a Comment

Previous Post Next Post