Lestarikan Seni Budaya, PJBN Gelar Festival Seni Budaya Nusantara Reka Fashion Show 2022

Cilegon Banten, Metronewstv.com - Dalam rangka melestarikan seni budaya, Paguron Jalak Banten Nusantara (PJBN) menggelar Festival Seni Budaya Nusantara Reka Fashion Show 2022 yang di ikuti oleh sekitar 160 peserta se-provinsi banten yang diselenggarakan di Ramayana Cilegon. Minggu, (25/12/2022).
Dalam acara tersebut dihadiri oleh, Pendiri PJBN Nusantara Abah KH TB Sangadiah MA. PJ Gubernur, Al Muktabar, Wakil Walikota Cilegon, ,Sanuji Pentamarta, Ketua Harian PJBN, Hj. Ratu Ageng Rekawati, Panglima Komando, Raden Arya Banda Yuda, Panglima DPP PJBN Baong, Farel Austinbler bergelar Siluck Langit Pembina PJBN Kalimantan, Ketua DPW - DPD PJBN serta segenap keluarga besar PJBN Nusantara dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan ini, Ketua Pengurus Harian DPP PJBN, Hj Ratu Ageng Rekawati KD. SE., ME menyampaikan bahwa kegiatan acara ini merupakan salah satu ikhtiarnya dalam menjaga dan melestarikan seni budaya.
"Diselenggarakannya acara ini bertujuan untuk memperkenalkan anak - anak kepada budaya, pakaian adat dan kesenian daerah, karena Indonesia akan ragam budaya dan banyak sekali kebudayaan - Kebudayaan yang hampir punah. jadi, gimana caranya kita menjaga eksistensi budaya agar tidak hilang dan tetap ada. dan anak - anak penerus generasi bangsa tidak teracuni dengan budaya - budaya asing," kata Hj. Ratu Ageng Rekawati 

Lanjut, Hj Ratu Ageng Rekawati berharap, generasi muda lebih mencintai budaya dan menjaga budayanya. 

"Karena bangsa yang besar bangsa yang menjaga budayanya. budaya itu sebagai ikon bangsa, kalau budayanya hilang, hilanglah identitasnya," ujarnya.
Ditempat yang sama, Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta memberikan apresiasi terhadap Festival Seni Budaya Nusantara Reka Fashion Show 2022 yang digelar oleh Paguron Jalak Banten Nusantara (PJBN) tersebut.

"Kami menyambut baik Festival Seni Budaya Nusantara Reka Fashion Show 2022 ini. dengan menampilkan aneka pakaian dari berbagai suku nusantara, saya kira ini sangat baik. anak anak tampil dengan berbagai aneka baju adat. terimakasih PJBN sukses acaranya, Pemkot Cilegon sangat apresiasi," ungkapnya.

Lanjut, Sanuji Pentamarta berharap, PJBN bisa terus mengawal kebudayaan dan keragaman nusantara dari seninya, olahraga dan beladiri serta menyatukan berbagai suku. adanya festival tampilan berbagai pakaian suku adat nusantara di kota Cilegon itu bagus," ungkapnya.
Sementara, Siluck Langit selaku pembina PJBN Kalimantan dan juga pelestari budaya di Kalimantan mengatakan, Dirinya melihat antusias para peserta sangat luar biasa mengikuti Festival Seni Budaya Nusantara Reka Fashion Show 2022 tersebut.

"Antusias peserta luar biasa ada sekitar seratus peserta lebih yang ikut. kalau dilihat dari potensi di kota cilegon ini cukup bagus ya kalau saya lihat para peserta mereka berani datang jauh-jauh ke cilegon. berarti otomatiskan mereka mempunyai semangat dan antusias dengan Festival Seni Budaya Nusantara Reka Fashion Show 2022 yang di selenggarakan oleh PJBN," ungkapnya.

"Kalau bicara PJBN disana (Kalimantan) kita sangat mendukung, karena di manapun kita berada apapun mereka apabila berkaitan dengan budaya itu kita sangat mendukung, karena PJBN ini salah satu lembaga bergerak dibidang budaya terus mengajak dari semua kalangan. itu yang membuat saya antusias untuk mendukung terus PJBN," pungkasnya.

Laporan: Vie

Post a Comment

Previous Post Next Post