Kandas di Selatan Pulau Merak Besar, KMP Portlink III Telah Berhasil Lepas dan Siap Melayani Kembali

Dok: Foto Ilustrasi

CILEGON, METRONEWSTV.COM - KMP Portlink III yang mengalami kandas pada Sabtu (21/1) pukul 21.10 WIB di selatan Pulau Merak Besar telah berhasil terlepas. 

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin menjelaskan bahwa semalam saat kapal mengalami kandas, tim gabungan berupaya maksimal melalukan evakuasi dengan bantuan dua unit tugboat, Medelin Best dan Martha Venture. Proses penarikan dilakukan Kandas di Selatan Pulau Merak Besar, KMP Portlink III Telah Berhasil Lepas dan Siap Melayani Kembali mulai pukul 23.11 hingga 23.20 WIB, namun belum berhasil.

Tim ASDP bergerak cepat, mulai pukul 23.12 dengan segera membagikan makanan mie instan dan air mineral sebagai bentuk kepedulian kepada pengguna jasa. Selanjutnya, dikarenakan proses evakuasi masih diupayakan dan membutuhkan waktu lebih lama, pukul 00.38 WIB tim di kapal kembali membagikan makanan dan minuman kepada pengguna jasa yang disuplai dari darat.

Setelah berupaya maksimal, KMP Portlink III dilaporkan pada Minggu (22/1) pukul 05.40 WIB mulai bergerak maju dan bebas dari kandas. Setelah dipastikan kapal benar-benar lepas dari kandas, nakhoda segera berkomunikasi dengan pihak LPS untuk keluar dari alur Merak dan bersiap untuk olah gerak sandar di Dermaga VI Merak.

Tepat pukul 07.05 WIB kapal telah selesai bongkar muatan, dan pukul 07.30 KMP Portlink III berlabuh jangkar di selatan Merak besar.

Terkait dengan kejadian kandas yang menimpa KMP Portlink III, ASDP menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Manajemen akan terus melakukan pengawasan dan tentunya peningkatan layanan agar terus menghadirkan layanan penyeberangan dan pelabuhan bermutu prima dengan tetap memprioritaskan keselamatan.

Laporan: Vie

Post a Comment

Previous Post Next Post