Polda Papua Turunkan 1.000 Personel di Jayapura penjagaan Usai Penangkapan Gubernur Papua Lukas Enembe





Gubernur Papua Lukas Enembe bersama Ketua DPRD Tolikara Soni Wanimbo

Jayapura,metronewstv.com Polda Papua menyiagakan 1.000 aparat kepolisian untuk berjaga di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura pascapenangkapan Gubernur Papua Lukas Enembe. Ini dilakukan untuk mengantisipasi kericuhan oleh massa simpatisan Lukas Enembe.

“Ini kita juga masih tetap menggelar personel di lapangan untuk antisipasi pascapenangkapan Lukas Enembe,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo saat dikonfirmasi metronewstv.com , Selasa (10/01/2023). kemarin
Benny mengatakan siap mengerahkan personelnya ketika terjadi pergerakan massa. Total personel yang disiagakan sebanyak 1.000 lebih.


“Kita kekuatan Polda, Dalmas, kemudian Brimob. Jumlahnya tergantung situasi di lapangan. Biasanya sekitar 1.000 lebih,” ujarnya.

“Itu termasuk jajaran Polres Kota Jayapura dan Polres Jayapura Kabupaten,” sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Kapolres Jayapura Kota Victor D Mackbon mengatakan tidak menutup kemungkinan terjadi aksi protes oleh simpatisan Lukas Enembe. Makanya pihaknya memperketat pengamanan untuk mengantisipasi kericuhan.

“Kita akan tetap mengantisipasi apabila ada kelompok atau pihak-pihak yang tidak bisa menerima,” ucapnya, Senin (10/01/2023). kemarin


Lebih lanjut Victor berharap warga di Jayapura bisa tetap menjaga situasi tetap kondusif. Dia turut mengimbau warga untuk tidak terprovokasi informasi-informasi hoax.

“Kami bersama Bapak Wali Kota ingin kota ini aman dan jangan sampai terganggu. Jadi semua harus bisa menghormati proses hukum,” imbuhnya.

“Situasi tetap seperti biasa namun kami TNI-Polri tetap mengantisipasi dan kami imbau kepada pihak-pihak yang mungkin tidak sependapat, ini kota kita, kota kita harus kita jaga,” pungkasnya.


Lukas Enembe Ditangkap KPK
Kabar penangkapan Lukas Enembe sebelumnya telah dibenarkan Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri. Lukas sempat dibawa ke Mako Brimob Polda Papua sebelum dibawa ke bandara.

“Benar tadi ditangkap dan diamankan ke Brimob Polda Papua. Namun kini Lukas Enembe telah dibawa ke Bandara,” ujar Irjen Mathius D. Fakhiri

Namun Mathius tidak menjelaskan lebih jauh mengenai penangkapan tersebut. Dia menyerahkan hal tersebut ke KPK.

“Selebihnya nanti tanya ke KPK. kami hanya membantu,” ucapnya.

Kodam Cenderawasih Siap Membantu Polda Papua Pengamanan Jayapura

Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menyebut bahwa pihaknya akan membantu Polda Papua dalam hal pengamanan di Kota Jayapura, Papua pasca penangkapan Gubernur Papua Lukas Enembe oleh KPK, 

“Kita akan membantu Polda untuk mengamankan agar situasi kondusif yang ada di Jayapura ini tetap terwujud,” kata Mayjen Muhamad Saleh di Mimika, Papua 

Ia berharap semua masyarakat khususnya pihak-pihak yang merasa tidak nyaman dan terganggu dengan ditangkapnya Gubernur Lukas Enembe, agar bersabar dan menunggu proses hukum yang dilakukan Pemerintah.

“Karena kita sesungguhnya sebagai warga negara sama di mata hukum,” tuturnya.

Baca Juga : 1 Warga Terkena Peluru Karet, Akibat Kericuhan di Sentani

Mayjen Muhammad Saleh menyampaikan Gubernur Lukas Enembe pada siang tadi sudah diterbangkan bersama tim KPK ke Jakarta melalui Manado.

Penangkapan Gubernur Lukas ini merupakan proses hukum yang harus dijalani. “Saya melihat beliau sangat kooperatif. Dan ke depan mungkin akan ada upaya-upaya kemanusiaan dulu yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka pengobatan beliau, setelah beliau sehat mungkin baru akan dilakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Ia menambahkan, sebagai warga negara harus belajar dari kebesaran hati Lukas Enembe untuk menerima dan menjalani proses hukum yang ada.

“Apabila nanti dalam penyelesaian proses hukum beliau tidak bersalah, beliau pasti akan dibebaskan. Apabila beliau memang ada bersalah, saya rasa beliau juga akan dengan jantan mempertanggungjawabkan apa yang telah beliau lakukan,” pungkasnya. 



Laporan: Afrida

Post a Comment

Previous Post Next Post