PEMKAB OKU SELATAN PANTAU HARGA POKOK PASAR SAKA SELABUNG MUARADUA MENJELANG NATAL DAN TAHUN BARU 2024


MUARADUA –metronewstv,com Menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan memantau ketersediaan dan harga kebutuhan pokok di Pasar Koperasi Saka Selabung Kota Muaradua, Kabupaten OKU Selatan. Selasa (14/11/2023).

Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, Permiadi Haikal, S. Sos., M.M pimpin monitoring dan melibatkan Tim Pengedalian Inflasi Daerah (TPID) bersama jajaran, guna untuk melihat secara langsung ketersedian bahan pokok dan harga di pasaran.

Dalam hal ini, Haikal menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini dilakukan agar Pemkab OKU Selatan bisa bertindak cepat apabila terjadi lonjakan harga. Selain itu, memantau Harga Eceran Tertinggi (HET) dan harga acuan yang telah ditetapkan terutama di pasar Saka Selabung Muaradua tetap stabil.

“Menjelang natal dan tahun baru sudah sering terjadi kelonjakan harga. Untuk itulah, hasil survei hari ini jadi acuan laporan kepada pimpinan sekaligus mengantisipasi kenaikan harga, terutama harga cabai yang cukup melonjak menjadi sorotan di Kabupaten OKU Selatan,” ujarnya.


Selanjutnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ir. Taufikurahman, menyampaikan bahwa pelaksanaan pemantauan harga pasar hari ini merupakan tindakan untuk melihat harga yang dipakai pedagang tetap stabil agar tidak mempengaruhi inflasi. “Kita berharap harga pokok tetap stabil antara pedagang dan pembeli,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Selatan, Zakiah, SE., MM., turut menyampaikan bahwasannya pelaksanan sidak seperti hari ini merupakan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat apalagi mengenai ketersediaan dan harga pokok di Pasar Saka Selabung Muaradua.

Menurut Zakiah, sesuai dengan tupoksi Diskominfo, dalam menyampaikan informasi diharapkan support dari Dinas terkait untuk mengumpulkan atau merangkum sesuai sumber mengenai perubahan harga pasar.

“Informasi seperti ini kan cepat menyebarnya. Oleh karena itu, kami meminta pengumpulan data yang akurat dan inovasi agar informasi yang kami sampaikan bisa dimengerti secara langsung dan seksama oleh Masyarakat Kabupaten OKU Selatan,” tegasnya. (Awaludin)

Post a Comment

Previous Post Next Post