Kelurahan Gerem Gelar HPSN, Rahmadi Ajak Warga Untuk Manfaatkan Kehadiran Bank Sampah


CILEGON | METRONEWSTV - Pemerintah Kelurahan Gerem Gelar Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tingkat Kelurahan Gerem Tahun 2023 dengan mengusung tema "Pengelola Sampah Rumah Tangga Berbasis Bank Sampah". Bertempat di Bank Sampah Menderma di Link. Dermage Malang RT 01/11. Selasa, (21/03/2023) sore.


Rangkaian Peringatan HPSN tingkat kelurahan Gerem tahun 2023. Secara simbolis penyerahan bantuan dari paguyuban CSR Perusahaan kepada Bank Sampah Menderma serta pemberian Piagam penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup kota Cilegon kepada Mitra Program Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Berbasis Bank Sampah.

Dalam hal ini, Rahmadi Ramidin Lurah Kelurahan Gerem menyampaikan bahwa dalam menangani masalah sampah. Pemerintah kelurahan gerem melalui Bank Sampah Menderma ini telah menciptakan suatu program yaitu "Dari Sampah Untuk Sampah".


Pihaknya juga mengajak kepada 16 industri mitra program nya untuk melakukan donasi sampah kepada Bank Sampah dalam mengelola sampah rumah tangga yang ada di kelurahan Gerem.

"Alhamdulillah program ini dapat suporter yang luar biasa dari para industri ada 16 mitra program yang membantu kami berupa memberikan Sarpras yaitu 3 unit cator, 7 timbangan digital, APK dan kebutuhan sekertariat Bank Sampah," katanya.


"Melalui HPSN ini, kami mengajak masyarakat bagiamana menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat dalam melakukan pemilihan dan pengolahan sampah dari sumber atau dari rumah tangga. Karena kita mengedukasi masyarakat bahwa sampah yang di hasilkan dapat menjadi tanggungjawab bersama," ujarnya.

Menurut Rahmadi, Melihat dari oposisi penduduk di kelurahan Gerem, ada 14.830 jiwa. jika di kalkulasi bila 1 orang 0,8 Kg kurang lebih ada 11 Ton setiap hari menghasilkan sampah. Bisa kita bayangkan kalau 11 Ton sampah setiap hari tidak di kelola dengan baik akan menimbulkan permasalahan luar biasa di lingkungan Gerem. 

"Alhamdulillah dengan semangatnya Bank Sampah ini, kita mengedukasi masyarakat bagaimana sampah yang masih memiliki nilai manfaat bisa dikelola melalui Bank Sampah. Selain menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat masyarakat juga bisa bisa terbantu juga dari sisi ekonomis nya," jelasnya.

"Jadi semangat HPSN ini, kita dapat menciptakan bagaimana selogan HPSN tahun 2023 ini, "Jangan Ada Sampah di Antara Kita". Mudah-mudahan dengan semangat ini mampu menciptakan lingkungan Kelurahan Gerem yang lebih baik lagi," pungkasnya.


Ditempat yang sama, PLT Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) kota Cilegon Ahmad Aziz Setia Ade mengapresiasi kelurahan Gerem dan Bank Sampah Menderma dalam pengelolaan sampah rumah tangga diwilayahnya.

"Kami sangat Apresiasi kepada Kelurahan Gerem, dalam upaya yang sudah dilakukan sangat bagus, menggandeng industri menggiatkan Bank Sampah dalam pengelolaan sampah rumah tangga di wilayah nya. Semoga di Kelurahan lainnya melakukan hal yang sama," ucapnya.

"Kami juga membuka aplikasi Jerapah (Jemput Ragam Sampah). Teknisnya sampah yang bernilai ekonomis akan kita beli sesuai harga." Jelasnya.

“Apa sih gunanya aplikasi Jerapah? Bila warga menemukan sampah liar dapat difoto lokasinya, nanti petugas kami akan turun langsung ke sana. Caranya dengan mendownload terlebih dahulu aplikasi Jerapah Driver di play store," Pungkasnya. 

Dalam acara tersebut turut dihadiri oleh, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) kota Cilegon, Sekertaris Camat Kecamatan Grogol, RT/RW se-Kelurahan Gerem, Kepala Pimpinan LKK, PKK, Karang Taruna, LPM, KCM, Babinsa, Babinkamtibmas dan Pimpinan Mitra Program Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Berbasis Bank Sampah Kelurahan Gerem. (Vie)

Post a Comment

Previous Post Next Post