Pembangunan Termin Pertama Program Salira di Kelurahan Kedaleman Habiskan Anggaran 308 Juta


CILEGON, - Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Citangkil melauncing peresmian pembangunan program sarana dan prasarana lingkungan rukun warga dana (Salira) Termin pertama yang bersumber dana dari APBD Kota Cilegon. Sabtu, (13/05/2023).

Dikatakan Ketua pokmas Eka Sartika, bahwa Pembangunan untuk termin pertama anggaran 308 Juta, untuk pembangunan fisik 300 juta dan biaya operasional 8 juta. dari 308 juta itu untuk Penerangan Jalan Lingkungan (PJL), Gapura, Pagar Makam, Drainase dan TPT Makam.

"Untuk termin pertama ada tiga RW, kebetulan kita mengambil launching ini di RW 06 yaitu pembangunan nya adalah PJL (Penerangan Jalan Lingkungan) lima titik dan Gapura, sedangkan di RW 01 ada pembangunan Pagar Makam dan Drainase, kalau di RW 02 itu PJL juga lima titik sama TPT makam," kata Eka Kartika ketua pokmas kelurahan kedaleman.

"Sebenarnya kalau untuk di RW 02 ini bukan hanya untuk merapihkan makan tetapi untuk menyelamatkan lahan wakaf, maka dari itu, kita bukan hanya dalam rangka memperindah bangunan saja tapi juga sekaligus untuk menyelamatkan lahan wakaf itu sendiri sesuai sertifikat," tambahnya.

Eka juga berpesan kepada masyarakat untuk lebih aktif dalam menyampaikan aspirasi dan sama sama bergotong royong ketika pelaksanaan serta saling menjaga karena semuanya sudah milik masyarakat.

"Saya berharap kepada masyarakat lebih aktif menyampaikan aspirasi kepada pihak aparat pemerintah melalui fasilitator dan sama sama saling membantu saat pelaksanaan serta setelah pelaksanaan masyarakat sama sama menjaga. Karena pemeliharaan diserahkan kepada masyarakat," pungkasnya.

Ditempat yang sama, Ashru Robi Khan Lurah Kedaleman mengatakan, dari tahun ketahun terus berupaya dalam meningkatkan sisi dampak positif pada program program yang dikerjakan harus lebih banyak dirasakan dampak manfaatnya oleh masyarakat.

"Bukan hanya membangunnya saja tetapi menimbulkan efek manfaatnya, Contoh dari yang lingkungan nya gelap dengan PJL (penerangan jalan lingkungan) ini jadi terang, dan ini juga mengurangi tingkat kriminal," ucapnya. 

" Jadi intinya untuk pokmas khususnya di tahun ini harus bisa memberikan manfaat untuk masyarakat lebih banyak atau skala prioritas," pungkasnya. (Vie)

Post a Comment

Previous Post Next Post