Lurah Sukmajaya dan Camat Jombang Apresiasi Warga Link Priuk Yang Antusias Sambut Malam Nuzulul Qur'an Dengan Ragam Kegiatan


CILEGON | METRONEWSTV - Pemerintah Kelurahan Sukmajaya memberikan dukungan dan apresiasi terhadap warga Link. Priuk yang antusias dan kompak menggelar beragam kegiatan keagamaan dalam menyambut malam Nuzulul Qur'an pada 17 Ramadhan 1444 Hijriyah yang jatuh pada Jum'at (07/04/2023) malam ini.

Diketahui dalam menyambut momentum bersejarah diturunkannya kitab suci Al-Qur'an itu, segenap warga Link Priuk, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon menggelar pawai obor, santunan anak yatim dan ceramah agama.

"Alhamdulillah ini warga Link Priuk kita lihat semangat dan kompak dalam mengisi acara keagamaan di bulan suci Ramadhan, yang malam ini merupakan malam Nuzulul Qur'an, ini bagus sekali antar warga bisa silaturahmi dan menanamkan nilai-nilai ukhuwah Islamiyyah," tutur Irfan Sonhaji Lurah Sukmajaya, saat ditemui di sela acara.

Irfan juga memberikan apresiasi dalam kegiatan positif yang mengandung nilai religius dan memberikan edukasi kepada anak-anak dan generasi muda ini. Pihaknya mendukung dan berharap kegiatan tersebut bisa terus diselenggarakan rutin setiap tahun.

"Kita berikan apresiasi kepada warga Link. Priuk, semoga terus diselenggarakan kegiatan seperti ini rutin setiap tahun," harapnya.

Apresiasi juga disampaikan oleh Camat Jombang, Burhanudin yang bersama Lurah Sukmajaya turut hadir diawal acara pawai obor dan turut menyambut penceramah agama KH. Maimun Qowi.

Terlebih menurutnya, kegiatan tradisional pawai obor dalam menyambut malam bersejarah bagi ummat Islam ini sudah jarang diselenggarakan oleh masyarakat modern saat ini.

"Sepenuhnya kita support kegiatan pawai obor oleh warga Link. Priuk ini bagus sekali, dan unik sampai ada kuda ya dalam iring-iringan pawai obor tadi untuk menyambut Pak Kyai datang, bagus sekali ada santunan anak yatim dan tausiyah agama. Pawai obor dengan iringan kuda Ini ciri khas orang Cilegon dulu yang memang harus terus dilestarikan," kata Burhanudin Camat Jombang.

"Selama saya menjabat Camat ini sudah dua kali saya menghadiri acara pawai obor ini. Ini juga sebagai barometer dan harus jadi contoh bagi masyarakat di lingkungan lain di Kota Cilegon khususnya Kecamatan Jombang," sambung Burhanudin.

Dalam acara puncak yang diselenggarakan warga Link Priuk berupa ceramah agama, yang disampaikan Dai asal Serang, KH Maimun Qowi banyak menjelaskan sejarah awal diturunkannya Al-Qur'an oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW saat berada di Gua Hiro melalui Malaikat Jibril AS, berupa Surat Al-Alaq. Kemudian Al-Qur'an secara berangsur selama 22 tahun. (Vie)

Post a Comment

Previous Post Next Post