Menanamkan Nilai Qur'ani, Risma Raudhatul Mu'minin dan Ikatan Pemuda Kapling Adakan Festival Nuzulul Qur'an


CILEGON | METRONEWSTV - Jajaran Pengurus Risma Raudhatul Mu'minin dan Ikatan Pemuda Kaplink (IPK) Link Kavling Blok F RT 01/07, Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon menggelar Festival Nuzulul Qur'an dengan beragam kegiatan lomba keagamaan untuk anak-anak dan remaja di lingkungan tersebut, yang berlokasi di Pendopo Masjid Raudhatul Mu'minin.


Kegiatan positif dengan tema; "Dengan Nuzulul Qur'an Kita Menggali Potensi Generasi Qur'ani yang Cerdas dan Berakhlak Mulia" yang sangat edukatif dan bernuansa religius ini, digagas kepemudaan dengan Pengurus Risma setempat, untuk menyambut datangnya malam diturunkannya kitab suci Al-Qur'an.

"Banyak keistimewaan di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah dan maghfirah. Seperti malam Nuzulul Qur'an ini,  kita dari Ikatan Pemuda Kaplink terpanggil untuk menggelar perlombaan ini," kata Ketua Panitia Pelaksana, Ahmad Hafid, Sabtu (08/04/2023) malam.

Ketua Risma Masjid Raudotul Mu'minin, Muhammad Rizkullah menjelaskan beragam perlombaan untuk para pelajar di lingkungannya ini, baik dari tingkat TK, SD, SMP hingga SLTA. Yang akan di selenggarakan selama 5 hari, yakni dari Jum'at (7/4) kemarin hingga Selasa (11/4) setiap ba'da Shalat Tharawih.

"Ada 5 mata lomba, ada Lomba Adzan untuk tingkat SD, SMP dan SLTA, Lomba Tahfid Qur'an tingkat TK SD dan SMP, Lomba Murotal tingkat SD dan SMP, Lomba Muhadoroh/ Pildacil tingkat SD, SMP dan SLTA dan Lomba Mewarnai Kaligrafi tingkat TK dan SD," jelasnya.

Dalam kegiatan lomba ini, pihak panitia juga  memberikan hadiah kepada juara 1, 2, 3, the best performance berupa piala dan uang pembinaan serta piala bergilir DKM Masjid Raudhatul Mu'minin.

"Alhamdulillah anak-anak di sini semangat, dan para orangtua sangat antusias mengantarkan anak-anaknya mengikuti lomba. Untuk peserta lomba Kaligrafi 59 peserta, Lomba Adzan ada 19, Pildacil 12, Murotal 26 dan Tahfidz ada 33," terang pria yang akrab disapa Kiki.

Di tempat yang sama, Ketua IPK, Hasriyandi menambahkan dalam kegiatan ini merupakan program baru kepemudaan atau IPK, yang ke depan akan dilimpahkan kepada Risma dan DKM Raudhatul Mu'minin.

"Tahun ini kegiatan masih menjadi program kepemudaan, namun tahun depan akan rutin diselenggarakan dan kita dorong agar menjadi program Risma dan DKM di setiap Bulan Ramadhan, dan akan ada piala bergilir untuk lebih memotivasi anak-anak," terangnya.

"Tujuan kegiatan ini untuk memupuk semangat belajar khususnya ilmu agama kepada anak-anak dan remaja di lingkungan kami. Menggali potensi generasi yang Qur'ani dan diharapkan memiliki akhlakul karimah. Dan Alhamdulillah Ketua RT Bapak Haji Sodaqoh Arsyad juga mendukung sepenuhnya kegiatan ini," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DKM Raudhatul Mu'minin, Samlawi berharap kegiatan keagamaan Festival Nuzulul Qur'an yang digagas oleh pemuda sebelum masuk Bulan Ramadhan di lingkungannya ini, bisa menambah keberkahan di bulan suci Ramadhan.

"Alhamdulillah setelah ada Ketua RT dan Kepala Pemuda baru, ada semangat baru dan program baru yang sangat bagus. Ini bisa menanamkan nilai-nilai Qur'ani dan bisa melatih keberanian anak-anak dalam belajar ilmu agama. Semoga ini menjadi amal ibadah dan menambah keberkahan Ramadhan bagi warga kami di Kavling Blok F RT 01/07," harapnya. (Vie)

Post a Comment

Previous Post Next Post